Intake PDAM Pacitan Rusak, Pengambilan Air Bersih Bakal Pindah ke Waduk Thukul

11 May 2023 | 08:10   oleh Admin   Hubungan Pelanggan

Intake penampungan milik Perusahaan Daerah Air Minum Pacitan kerap rusak sehingga mulai tahun 2024 pengambilan air bersih bakal berpindah ke Waduk Thukul di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari. 

Selasa (9/5) kemarin ada kerusakan intake sungai grindulu Desa Purworejo, alirannya tersumbat sedimen lumpur, meskipun tidak sedang terjadi banjir namun ada faktor lain yang menyebabkan pipa intake tersumbat bahkan hal ini sering dan berlangsung sampai berhari-hari. Itu sering terjadi bisa dua sampai tiga hari. Memang bisa dikatakan ini jadi rutinitas lapangan, karena kondisi alam, walaupun di intake tidak hujan tapi sungai yang atas banjir otomatis tertutup lumpur. Jika peningkatan kapasitas turbin dan pipanisasi sejauh ini berjalan secara bertahap mengingat butuh biaya banyak. Terlebih, selama 10 tahun terakhir tarif pembayaran pelanggan juga tak kunjung naik. Sudah 10 tahun terakhir tidak ada kenaikan, sejak 2013 akhir silam. Sampai sekarang per meter kubik Rp4.500. Idealnya di atas biaya dasar, yakni Rp4.600-7.000.

Selain itu, guna mengantisipasi ancaman kekeringan pada musim kemarau panjang PDAM pun sudah ancang-ancang terkait segala sesuatu yang dibutuhkan. Namun sampai saat ini belum ada permintaan dari masing-masing wilayah maupun desa.

Sejauh ini, PDAM sudah menyiagakan empat buah tangki air bersih jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Agar bisa merambah seluruh wilayah, sistem zonasi buka tutup masih tetap diberlakukan. PDAM berlakukan sistem zonasi dan bergiliran. Pada prinsipnya jika dibutuhkan PDAM siap melayani. Pihak desa bisa minta bantuan droping air melalui BPBD.Sementara itu, BPBD Pacitan sendiri terus memantau perkembangan yang ada maupun dari BMKG terkait ancaman kekeringan panjang, termasuk memastikan sarpras yang dimiliki dalam kondisi baik dan layak digunakan.

BPBD Pacitan juga mencatat, bahwa wilayah barat menjadi daerah berpotensi tinggi terjadi kekeringan. Seperti, Kecamatan Donorojo dari 12 desa sebanyak 11 di antaranya diprediksi mengalami kekurangan air bersih. Selanjutnya Kecamatan Punung dari 13 desa, sebanyak 12 di antaranya juga diprediksi kekeringan. Kecamatan Nawangan, Bandar dan Tegalombo cukup aman, karena didominasi pegunungan dan masih banyak vegetasi tanamannya.

Pendapatan Perumdam Pacitan Minus Rp 1 Miliar dan Belum Hasilkan Laba

05 Februari 2024

Misi kedua alias bisnis Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Pacitan belum tercapai yakni, menghasilkan laba, meningkatkan ...

Perumdam Pacitan Bakal Fungsikan Air Baku Waduk Tukul Tahun 2024 ini

30 Januari 2024

Perusahaan Umum Daerah Air Minum ( PERUMDAM ) Pacitan menargetkan pemanfaatan air baku dari Waduk Tukul di Kecamatan Arjosari mulai difungsikan ...

Masuk Akhir 2023, Pendapatan PDAM Pacitan Capai Rp14 Miliar Tapi Belum ...

02 November 2023

Menjelang akhir tahun 2023, pendapatan PDAM Pacitan mencapai Rp14 miliar. Dari total tersebut Direktur PDAM Pacitan Agus Suseno menyatakan ...