Krisis air bersih selama musim kemarau tahun 2020 ini PDAM Kabupaten Pacitan mendapatkan tambahan puluhan pelanggan baru. Setidaknya, sampai dengan bulan Agustus 2020 ini sudah ada 50 pelanggan baru yang mengajukan pemasangan jaringan air minum.
Selama musim kemarau kebutuhan warga akan air bersih meningkat namun tidak semua permohonan pemasangan jaringan pipa baru diterima. Kami lihat kondisinya seperti apa dulu, kalau jauh dari instalasi, daerah lebih tinggi, serta teknisnya tidak memungkinkan dan diluar jangkauan, memang tidak bisa dilayani. Selain itu, lama proses pemasangan jaringan baru bervariasi, bisa 3 - 7 hari, tergantung bagaimana medannya.
Disisi lain, PDAM akan menghentikan layanan pemasangan jaringan baru apabila ketersediaan air baku menipis. Apabila nanti kalau sampai terjadi seperti itu, PDAM akan menghentikan dulu permintaan pemasangan ( jaringan ) baru. Daripada pasang baru, tapi tidak keluar airnya, percuma.
Saat ini debit air PDAM sudah menurun 20 - 40 persen. Namun stok tersebut masih mencukupi, karena permintaan pemasangan jaringan pipa baru dari warga pada tahun ini menurun. Sepanjang Januari - Agustus 2020, baru 200 pelanggan baru yang tercatat. Sedangkan pada tahun 2019 lalu terdapat 700 pelanggan baru.
Total keseluruhan pemasangan pelanggan PDAM hingga saat ini sudah mencapai 21.345 ribu.
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Pacitan berubah nama. Badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut kini menjadi&...
Pengerjaan pipanisasi yang menghubungkan Bendungan Tukul Pacitan menuju Tampungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pacitan, Jawa Timur, hampir selesai. ...
Belum adanya progres administrasi berkaitan dengan rencana kerjasama pengunaan air baku dari Waduk Tukul untuk suplai tiga Kecamatan ...