Imbas Kemarau Panjang, PDAM merugi ratusan Juta

Imbas Kemarau Panjang, PDAM merugi ratusan Juta

29 Jan 2020 | 14:47   oleh Admin   Administrasi

Akhir-akhir ini layanan PDAM Tirta Dharma dikeluhkan. Terutama distribusi air yang kerap byarpet. Manajemen PDAM menyebutkan, selain kebocoran pipa, masalah ketidaklancaran pasokan terjadi karena debit air baku berada di zona merah. Sejak tiga bulan terakhir penurunan debit air yang paling parah.

Kondisi itu disebabkan faktor alam. Yakni, musim kemarau yang relatif panjang. Jumlah penurunannya mencapai sekitar 100 liter per detik. Dampaknya PDAM merugi ratusan juta rupiah. Selama kemarau tahun ini kerugian yang PDAM alami sekitar Rp 50–75 juta per bulan.

PDAM mempunyai 21 ribu pelanggan. Mereka tersebar di 10 kecamatan. Sebagian, pasokan di sejumlah wilayah lancar. Tapi, ada juga yang byarpet saat kemarau. ‘Dari pemakaian rata-rata 10 meter kubik per pelanggan per bulan, pemasukan normal sekitar Rp 1,350 miliar.

Selama ini untuk mencukupi kebutuhan air bersih pelanggan, bergantung pada 18 sumber air baku. Meliputi tiga sumber air baku di Donorojo, Punung (3), Arjosari (1), Pringkuku (2), Sudimoro (1), Ngadirojo (1), Pacitan (3), Tulakan (2), dan Nawangan (2).

Namun demikian, sumber air baku yang biasanya mampu disedot 40 liter per detik, sekarang hanya tinggal 20 liter per detik. Rata-rata debit turun 50 persen. Malah satu sumber air baku di Nawangan, Embung Koang, sudah benar-benar matinya, sekitar 300 pelanggan PDAM cakuan Embung Koang tak terlayani air bersih. Sebagai gantinya,mereka tidak akan dikenai tagihan bulanan. Kondisi itu tentu berpengaruh pada realisasi pendapatan perusahaan. Target pendapatan sekitar Rp 15 miliar per tahun.

Mudahnya Bayar Tagihan Rekening Air PDAM Kab. Pacitan Dengan Aplikasi ...

03 Maret 2020

PDAM Info merupakan aplikasi untuk dapat menerima informasi dan melakukan komunikasi dari dan dengan PDAM. Aplikasi ini dapat digunakan oleh ...

Info Terbaru

19 Februari 2020

Kini pembayaran tagihan PDAM Kab. Pacitan sudah bisa dilakukan melalui apliaksi SEPULSA dan aplikasi PDAM INFO. Pembayaran malalui KANTOR POS, ...

Dekatkan Layanan Pelanggan, PDAM Pacitan Manfaatkan Teknogi Informasi

19 Februari 2020

Ribet bayar tagihan? kini bukan zamanya lagi. Teknologi telah menjadi jawaban semua persoalan. Hal ini diterapkan Perusahaan Daerah Air Minum (...