Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering

26 Nov 2019 | 08:12   oleh Admin   Hubungan Pelanggan

Dampak kemarau panjang membuat sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pacitan, berkurang hingga 60 persen. Bahkan beberapa diantaranya telah mengering, akibatnya pasokan air bersih ke ratusan pelanggan pun di berhentikan sementara.

Tak kunjung turun hujan membuat sejumlah wilayah terdampak kekeringan kini kondisinya semakin parah. Bahkan sumber baku PDAM pun tak luput di landa kekeringan.
Salah satu sumber air baku milik PDAM yang mengering adalah embung kowang, di Desa Penggung, Kecamatan Nawangan, Pacitan.  Embung seluas kurang lebih 1 hektar tersebut mengering, akibat  dampak dari kemarau panjang .

Terlihat air yang tersisa kini kondisinya keruh dan tidak bisa lagi ambil, retakan tanah juga terlihat hampir  diseluruh dasar embung.
Sebelumnya, air dari embung kowang ini,dialirkan ke 293 pelanggan pdam di tiga desa, yakni  Desa Penggung,Desa Pakis Baru dan Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan. Namun sejak seminggu terakhir, aliran air putus total.
Embung kowang ini sebelumnya belum pernah kering, pada musim kemarau sebelumnya. Air baku PDAM itu masih bisa dialirkan keseluruh pelanggan.
Namun kemarau pada tahun 2019 kali ini yang terjadi selama 8 bulan lamanya, mengakibatkan sumber pdam tersebut nyaris kering kerontang. Selain dampak musim kemarau, dangkalnya embung juga menjadi salah satu penyebabnya. Embung yang awalnya sedalam 8 meter itu kini tinggal separuhnya saja karena tertimbun lumpur.

Akibat mengeringnya air baku pdam itu, pelayanan di  PDAM UPT Penggung  berhenti total. Untuk sementara waktu  seluruh pelanggan PDAM pun dibebaskan dari operasional biaya bulanan.
Selain sumber PDAM UPT Penggung di Kecamatan Nawangan yang sudah tidak bisa mengairi ratusan rumah warga, beberpa titik sumber baku lainnya juga terancam dengan kondisi serupa, apabila tak segera turun hujan. (26 November 2019)

Imbas Kemarau Panjang, PDAM merugi ratusan Juta

29 Januari 2020

Akhir-akhir ini layanan PDAM Tirta Dharma dikeluhkan. Terutama distribusi air yang kerap byarpet. Manajemen PDAM menyebutkan, selain kebocoran pipa, masalah ...

Tahun 2019 PDAM Pacitan mendapatkan penghargaan TOP BUMD 2019 masuk Kategori Sehat

28 November 2019

Direktur PDAM Kabupaten Pacitan (Jawa Timur), Agus Suseno mengatakan bahwa dalam dua tahun terakhir, pihaknya termasuk di kategori ‘sehat&...

Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering

26 November 2019

Dampak kemarau panjang membuat sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pacitan, berkurang hingga 60 persen. Bahkan beberapa diantaranya ...